Cara Menjadi Pengusaha Muda yang Sukses Berbisnis dari Nol
Jika Anda bertanya 'bagaimana cara menjadi pengusaha / pebisnis sukses dengan modal kecil ?' maka jawaban paling tepat untuk pertanyaan tersebut adalah dengan menjalankan bisnis online. Bahkan, menjalankan bisnis online tanpa modal sekalipun bisa dan sangat mungkin, karena modal yang kita perlukan hanya koneksi internet dan laptop saja, kabar baiknya kini telah banyak tersedia free wifi, sementara untuk laptop, bisa pinjam teman (tidak disarankan).
Kembali ke topik utama mengenai cara menjadi pengusaha sukses, dimana sebenarnya bisnis apapun yang kita jalankan, pasti bisa mengantarkan kita pada kesuksesan atau dalam hal ini adalah uang yang banyak, hanya saja lama tidaknya hal tersebut tercapai, tergantung dari jenis bisnis yang dipilih dan seberapa mahir Anda dalam menjalankan bisnis tersebut.
* Baca Juga : Peluang Bisnis Dengan Modal Kecil
Untuk Anda yang tidak punya banyak waktu untuk membaca seluruh artikel ini, secara garis besar, cara menjadi pengusaha sukses adalah dengan :
Menentukan produk yang tepat
Mencari tahu siapa target pasar
Memilih media promosi yang efektif
Menggunakan strategi promosi kreatif
Membuat pembukuan untuk menghitung margin
Selanjutnya mari kita kupas secara mendalam, satu per satu dari kelima poin penting diatas untuk menjadi pengusaha sukses dari nol.
1. Menentukan produk
Langkah awal untuk menjadi pengusaha / pebisnis sukses adalah menentukan produk atau jamak disebut dengan riset produk.
Produk disini tidak selamanya harus berbentuk barang fisik, namun juga bisa berupa barang digital seperti ebook, ecourse atau semacamnya, bahkan bisa juga berbentuk layanan / jasa.
Untuk menentukan produk yang tepat, tentu kita harus melakukan riset terlebih dahulu, mulai dari riset konsumen sampai riset persaingan. Produk yang baik adalah produk yang memiliki jumlah peminat (konsumen) yang besar namun memiliki tingkat persaingan kecil.
Salah satu cara paling mudah untuk melakukan kedua riset tersebut adalah dengan menggunakan tool dari Google. Ya, tool yang saya maksud adalah Google AdWords Keyword Planner, tool online gratis dari Google ini bisa kita gunakan untuk mencari tahu berapa banyak peminat suatu produk. Jadi misal kita mengetikkan produk 'baju korea' maka nanti akan muncul jumlah pencarian produk tersebut tiap bulannya.
Data tersebut, bisa kita manfaatkan untuk menganalisa apakah produk tersebut memilik prospek bagus atau tidak. Jika tren atau jumlah pencarian meningkat, maka bisa dipastikan produk tersebut memiliki prospek bagus.
Alternatif lainnya untuk mencari ide bisnis terbaik secara gratis bisa adalah dengan mencari informasi produk melalui Amazon Best Seller atau bisa juga menggunakan Google Trends, jadi Anda cukup melihat apa yang sedang trend lalu jual produk tersebut, pasti akan laku keras.
2. Mencari tahu target pasar
Pengusaha sukses adalah mereka yang bukan hanya pandai memilih produk namun juga pandai menganalisa siapa yang menjadi target pasar. Jadi, disini kita dituntut untuk mengetaui siapa target pasar atas produk yang akan kita jual, karena jika dalam pengapliasiannya salah, maka bisa dipastikan akan sulit untuk memperoleh penjualan.
Target pasar secara garis besar dibedakan menjadi 4 bagian atau lebih dikenal dengan segmentasi yang meliputi :
Target produk
Target lokasi
Target demografi
Target psikografi
Untuk mempermudah memahami maksud dari keempat poin target pasar diatas, akan saya berikan contoh, semisal Anda ingin menjual baju korea :
Target produk : Remaja belasan tahun
Target lokasi : Kota besar di indonesia
Target demografi : Anak orang kaya, uang jajan jutaan per bulan
Target psikografi : Remaja yang aktif di sosialmedia
Dengan menentukan dan mengetahui target, maka Anda akan lebih mudah dalam menentukan media dan cara promosi produk seperti apa yang akan digunakan. Pastinya akan meningkatkan persentase untuk terjadi penjualan.
makasih atas infonya sangat menarik, dan jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2RJsjTi
BalasHapus